Senin, 12 November 2012

CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR


Tinggal 1 bulan lagi ujian akhir sekolah atau UAS akan ditempuh oleh para siswa, tentunya dalam menghadapi UAS nanti, siswa-siswi juga harus mempersiapkan diri, baik dari mata pelajaran maupun dari sisi jiwa (psikologis) sehingga nantinya mendapatkan hasil yang optimal. Hal terpenting dalam proses belajar adalah konsentrasi belajar. Siswa akan mudah menangkap materi pelajaran jika merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi dalam belajar. Pertanyaan nya, apakah kita sudah meningkatkan konsentrasi belajar?? Nah berikut adalah bebeapa tips atau cara untuk kita dapat meningkatkan konsentrasi belajar, harapannya jika konsentrasi belajar kita baik maka kita pasti bisa berprestasi secara optimal.
1.   Hilangkan beban tugas-tugas
Jika ada tugas untuk dikerjakan dirumah lebih baik kita selesaikan terlebih dahulu, agar tidak kepikiran terus-menerus pada saat kegiatan belajar berlangsung. Pilih mana tugas yang harus diselesaikan lebih dulu.
2.   Pikirkan manfaat belajar di masa depan
Berani bermimpi dan harus memiliki mimpi, jika kita memiliki mimpi ingin menjadi dokter anak, ingin jadi menteri yang jujur, ingin jadi anggota dewan yang luhur, atau ingin menjadi guru yang memiliki banyak anak didik, maka kita akan semakin lebih terpacu untuk meraih masa depan yang kita cita-citakan.
3.   jangan terlalau capek
Usahakan tidak membuat jadwal dengan aktivitas fisik berlebih seperti olahraga, main seharian, jalan-jalan ke mall, dan lainnya. Kalau sudah terlanjur capek maka belajar sebentarpub sudah bisa membuat ngantuk. Bila pulang sekolah sebaiknya langsung istirahat, setelah itu langsung belajar serius
4.   Posisi belajar yang pas
Belajar jangan dengan posisi duduk sambil lihat TV, sambil bermain-main, sambil ngobrol, jongkok, dan sebagainya. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada atau di meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi sekolah.
5.   Tempat yang tenang dan nyaman
Buatlah tempat belajarmu nyaman sesuai dengan tipe belajarmu, jangan putar musik rock n roll atau TV dengan suara keras jika kamu ingin lebih konsentrasi dalam belajar. Belajarlah ditempat yang sejuk dan usahakan seminimal mungkin tidak ada gangguan dari suara orang yang ada dirumah kita, misalnya suara adik, atau kakak yang teriak2.
6.   Cari tahu cara atau metode yang tepat
Cari tahu apa tipe atau gaya belajar kita, jika kamu kesulitan tanyalah kepada guru atau guru BK disekolah. Tipe atau gaya belajar sangatlah penting untuk mengetahui dengan cara yang bagaimana kita bisa belajar dengan lebih optimal. Misalnya, belajar sambil mendengarkan musik, sambil menyanyi, sambil keliling-keliling, sambil coret-coret.
7.   Strategi menghapal materi pelajaran
Jika punya kesulitan menghapal / memahami pelajaran maka sebaiknya membuat rangkuman pelajara yang mudah dimengerti dan dapat dilihat / dibaca-baca kembali jika ada yang lupa. Bisa juga membuat gambar-gambar yang mewakili point-point pelajaran, atau bisa juga dengan merekam suara kita.
8.   Istirahat / break jika lelah
Janga dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar karena tidak ada gunanya. Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit seperti, pusing, vertigo, deam, badan lemas, masuk angin, dan lain-lain. Pelajaran yang sudah dihapal pun mungkin saja hilang, oleh karena itu jika kita merasa lelah lebih baik kita istirahat terlebih dahulu agar badan juga bisa fress untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar