Senin, 12 November 2012

MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN SESAMA


Manusia sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial tidak bisa lepas dari hubungan antara sesama manusia. Dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial kita pasti membutuhkan bantuan orang lain, misalnya ada kesulitan PR kita tanya kepada teman, ketika sakit kita pergi ke dokter, ketika membutuhkan makanan kita pergi ke minimarker atau supermarket. Dalam menjalin hubungan ada tata cara yang harus diperhatikan agar kita bisa memiliki banyak teman dan tidak membuat orang lain merasa tidak suka terhadap kita. Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga hubungan baik dengan teman ataupun dengan orang yang belum kita kenal. Berikut cara untuk mencaga sebuah hubungan pertemanan :
1.    Hormatilah teman
Teman ada yang sebaya dengan kita, bahkan ada yang lebih tua dari kita oleh krenanya sudah sepantasnya kita menghormati dan menyanyangi mereka.
2.    Tidak bercanda keterlaluan
Kalau kita bercanda gurau hal-hal yang kecil tidak masalah, tapi kalau sudah diluar batas misalnya kita bergurau dengan menggunakan nama keluarga dari teman kita atau kita bergurau dengan menyebarkan rahasia mereka, maka hal ini bisa merusak hubungan pertemanan. Jadi pilih bahan yang baik dan jangan sampai menyinggung teman kita.
3.    Sesekali kumpul
Biasanya kalau ada kesempatan di har libur sesekali ajak teman kita untuk kumpul bareng, misalnya olahraga bareng, bersepeda bareng, mengaji bareng, ke majelis taklim  (pengajian) bareng, ke toko buku bareng, hal ini berfungsi untuk mengakrabkan diri kita. Tapi jangan terlalu sering pergi ke luar bareng, karena akan terasa jenuh.
4.    Bantu
Bantulah teman jika mengalami kesulitan, misalnya teman sulit memahami pelajaran, menemani teman untuk pergi ke toko buku. Membantu teman dalam hal yang positif sangat dianjurkan tapi jangan sekali-kali membantu teman jika mereka berbuat salah atau melanggar peraturan, misalnya ikut-ikutan teman berkata jorok, ikut-ikutan teman melihat video porno, ikut-ikutan teman pura-pura sakit di UKS, ikut-ikutan teman bermain game.
5.    Ibadah berjamaah
Selain mendapatkan pahala yang berlipat, beribadah dengan teman akan semakin menambah akrab dengan teman.
6.    Saling mengingatkan
Ini harus kita biasakan, tapi ingat mengingatkan untuk kegiatan dan hal-hal yang positif saja misalnya mengingatkan jangan terlalu rame, mengingatkan harus mengerjakan tugas. Mengingatkan teman itu penting karena sifat dasar manusia yang pelupa hampir ada di setiap manusia.

7.    Berbagi
Kalau kita memiliki bekal lebih saling berbagi dan memberi dengan teman itu adalah perbuatan yang terpuji dan harus dilakukan dalam kegiatan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar